Tugas Manajemen Perubahan (Tugas Akhir)


NAMA : FATIMAH HANIYA
NPM : 1519200126
1.      JUDUL JURNAL : Manajemen Perubahan Organisasi Dinas Kesehatan dalam Revitalisasi Puskesmas di Kabupaten Sumedang
 LATAR BELAKANG : Departemen Kesehatan RI mengembangkan model pelayanan Puskesmas reformasi pada Tahun 2000. Model tersebut merupakan pelayanan Puskesmas yang sejalan dan disesuaikan dengan pengembangan sistem kesehatan dan semangat reformasi otonomi daerah.1 Adapun langkahlangkah pengembangan Puskesmas tersebut dinyatakan sebagai revitalisasi Puskesmas, yang merupakan salah satu upaya untuk membangun fondasi reformasi kesehatan di Indonesia. Berdasarkan capaian kinerja puskesmas di Kabupaten Sumedang pada Tahun 2013, terdapat indikasi adanya berbagai permasalahan dalam pelaksanaan revitalisasi Puskesmas. Dengan pendekatan konsep kerangka kerja sistem kesehatan masyarakat, maka revitalisasi Puskesmas dapat dipandang sebagai sebuah proses yang akan menghasilkan outcome yang meliputi efektifitas, efisiensi, dan equity.
 TUJUAN : Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen perubahan Dinas Kesehatan dalam revitalisasi Puskesmas di Kabupaten Sumedang.
 METODE : Paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme sosial dengan desain penelitian deskriptif kualitatif dan strategi studi kasus. Subyek penelitian adalah Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas. Adapun kriteria inklusi pada penelitian ini adalah responden memiliki masa jabatan >5 tahun dan  kriteria eksklusi yaitu tidak berada di tempat dan tidak bersedia. Penelitian dilakukan pada Bulan Februari-Maret 2015 di Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan penelaahan terhadap berbagai dokumen terkait.
 HASIL : Tahap identifikasi dilakukan setelah adanya dorongan faktor eksternal yaitu reformasi pembangunan dan reformasi otonomi daerah. Pemerintah Kabupaten Sumedangmenanggapinya dengan menerbitkan peraturan daerah tentang pembentukan puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan tata kerja Puskesmas Tahun 2001. Pola dan tata kerja baru Puskesmas tidak teridentifikasi di Kabupaten Sumedang sehingga peningkatan fungsi Puskesmas terus dilakukan dengan struktur organisasi dan tata kerja yang lama. Struktur lama tersebut tidak menunjukkan unit pelaksana teknis fungsional sebagai pelaksana UKM dan UKP dalam fungsi baru Puskesmas. Struktur organisasi Puskesmas yang lama juga tidak menunjukkan posisi penting Badan Penyantun Puskesmas (BPP). Dalam hal pengaruh internal terhadap identifikasi perubahan, kesimpulan terhadap belum tercapainya target contact rate pasien puskesmas yang dipandang sebagai suatu keberhasilan telah memengaruhi penentuan isu strategis dalam fungsi manajemen perubahan berikutnya yaitu perencanaan perubahan di Puskesmas. Hasil yang diperoleh dari tahap identifikasi memengaruhi perencanaan perubahan, kebijakan perubahan dan kebijakan perencanaan. Struktur organisasi dan tata kerja Puskesmas yang lama sudah tidak sejalan dengan berbagai peraturan perencanaan, dan kondisi tersebut  mengakibatkan dominasi perencanaan dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Puskesmas tidak merasakan adanya perubahan dan memilah lokus perubahan sehingga tidak terjadi perubahan bersama dan tujuan yang dicapai juga bukan merupakan tujuan bersama karena tidak dilakukan melalui  proses kesepakatan.
 KESIMPULAN : Kesimpulan penelitian ini adalah Manajemen perubahan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dalam revitalisasi Puskesmas dilakukan secara pasif menurut kebijakan organisasi yang memayunginya.

2.      JUDUL JURNAL : Analisis Manajemen Perubahan (Change Management) Pada PT Bank Danamon Tbk Manado
 PENDAHULUAN : Perubahan mempunyai manfaat bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan tanpa adanya perubahan maka dapat dipastikan bahwa usia perusahaan tidak akan bertahan lama. Manajemen perubahan yang dilakukan pada PT.Bank Danamon Tbk berdampak pada kinerja perusahaan. Bank Danamon fokus memperkuat aspek franchise, layanan nasabah, dan sumberdaya manusia (SDM) untuk mempertahankan posisi sebagai pemain kunci di segmen perbankan komersial, usaha kecil dan menengah (UKM), ritel, dan mass market di Indonesia. Unsur perusahaan dalam melakukan perubahan adalah terdapatnyan visi dan misi organisasi, budaya organisasi yang memudahkan sumber daya manusianya untuk mencapai visi dan misi, adanya kesempatan dari sumber daya manusia untuk menggunakan fasilitas-fasilitas atau sarana prasarana yang mendukung kerja karyawan dan adanya struktur organisasi yang membagi-bagi pekerjaan yang sesuai dengan keahlian masing-masing, sehingga visi dari organisasi tersebut dapat tercapai oleh karyawan dengan efektif dan efisien.
 TUJUAN : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meneliti sejauhmana penerapan manajemen perubahan dan inovasi yang dilakukan pada Bank Danamon Tbk untuk menarik minat masyarakat.
 Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran. Lokasi Penelitian adalah PT.Bank Danamon Tbk Manado. Waktu Penelitian dilakukan pada bulan april sampai bulan oktober 2016. Populasi merupakan totalitas dari semua objek atau individu yang memiliki karakteristik tertentu, jelas dan lengkap yang akan diteliti.Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan berjumlah 70 karyawan yang sudah bekerja diatas 3 tahun di PT.Bank Danamon Tbk Manado.
 HASIL : Dari hasil rekapitulasi mengenai analisis aspek sumber daya manusia menunjukan bahwa PT.Bank Danamon Tbk Manado sudah melakukan perubahan dengan baik, Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan bagian dari ilmu manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada pengaturan peranan sumber daya manusia dalam kegiatan suatu organisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara karyawan dalam jumlah ( kuantitas ) dan tipe ( kualitas ) yang tepat. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya
 KESIMPULAN : Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulakan hal-hal sebagai berikut:  PT. Bank Danamon, Tbk Manado merupakan suatu badan atau lembaga keuangan yang melakukan suatu operasional lalu lintas dalam jalur keuangan, mulai dari menghimpun dana (funding) sampai dengan menyalurkan dana (lending) dan menawarkan produk/jasa Bank kepada masyarakat yang memerlukan.Dan dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa manajemen perubahan yang dilakukan oleh PT Bank Danamon Manado sudah dilakukan secara baik.

3.      JUDUL JURNAL : CS AS A FOUNDATION OF MANAGEMENT – A VALUABLE
RESOURCE OR A RELIC IN THE TIMES OF CRISIS

Following rules of activity, resulting from ethical norms accepted in given society, may be one of sources of a competitive advantage. Though, it can be presumed that not everybody is aware of the necessity as well as of advantages connected with activity running this way. In this aspect, the aim of the article to show Polish businessmen attitude towards challenges lowing from handling business in accord with ethics. All theoretical issues discussed herein pertain to the topic of business ethics. Empirical data presented in this paper were gathered by the authors during 410 interviews about ethics that were conducted with businessmen running small and middle irms. The main intention was to determine if obeying ethic rules is a real value for entrepreneurs. From obtained results the conclusion, that Polish businessmen declare theimportance of ethics in their activity, but in practice the bulk of them does not remember any
rules and does not recognize ethics as a footing of business, can be draw out.






Komentar

Postingan Populer