NAMA :
FATIMAH HANIYA
NPM :
1519200126
1. JUDUL JURNAL : Manajemen Perubahan Organisasi Dinas
Kesehatan dalam Revitalisasi Puskesmas di Kabupaten Sumedang
LATAR
BELAKANG : Departemen Kesehatan RI mengembangkan model pelayanan Puskesmas
reformasi pada Tahun 2000. Model tersebut merupakan pelayanan Puskesmas yang
sejalan dan disesuaikan dengan pengembangan sistem kesehatan dan semangat
reformasi otonomi daerah.1 Adapun langkahlangkah pengembangan
Puskesmas tersebut dinyatakan sebagai revitalisasi Puskesmas, yang merupakan
salah satu upaya untuk membangun fondasi reformasi kesehatan di Indonesia. Berdasarkan capaian kinerja puskesmas di Kabupaten Sumedang pada Tahun 2013,
terdapat indikasi adanya berbagai permasalahan dalam pelaksanaan revitalisasi
Puskesmas. Dengan pendekatan konsep kerangka kerja sistem kesehatan masyarakat,
maka revitalisasi Puskesmas dapat dipandang sebagai sebuah proses yang akan
menghasilkan outcome yang meliputi efektifitas, efisiensi, dan equity.
TUJUAN : Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi manajemen perubahan Dinas Kesehatan dalam revitalisasi Puskesmas
di Kabupaten Sumedang.
METODE : Paradigma
penelitian ini adalah konstruktivisme sosial dengan desain penelitian
deskriptif kualitatif dan strategi studi kasus. Subyek penelitian adalah Kepala
Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas. Adapun kriteria inklusi pada penelitian
ini adalah responden memiliki masa jabatan >5 tahun dan kriteria eksklusi yaitu tidak berada di
tempat dan tidak bersedia. Penelitian dilakukan pada Bulan Februari-Maret 2015
di Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan penelaahan
terhadap berbagai dokumen
terkait.
HASIL : Tahap identifikasi dilakukan setelah
adanya dorongan faktor
eksternal yaitu reformasi pembangunan dan reformasi otonomi daerah. Pemerintah
Kabupaten Sumedangmenanggapinya dengan menerbitkan peraturan daerah tentang
pembentukan puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan tata
kerja Puskesmas Tahun 2001. Pola dan tata kerja baru Puskesmas tidak teridentifikasi di Kabupaten
Sumedang sehingga peningkatan
fungsi Puskesmas terus dilakukan dengan struktur organisasi dan tata kerja yang
lama. Struktur lama tersebut tidak menunjukkan unit pelaksana teknis fungsional
sebagai pelaksana UKM dan UKP dalam fungsi baru Puskesmas. Struktur organisasi
Puskesmas yang lama juga tidak menunjukkan posisi penting Badan Penyantun
Puskesmas (BPP). Dalam hal pengaruh internal terhadap identifikasi perubahan, kesimpulan
terhadap belum tercapainya target contact
rate pasien puskesmas
yang dipandang sebagai suatu keberhasilan telah memengaruhi penentuan isu
strategis dalam fungsi manajemen perubahan berikutnya yaitu perencanaan perubahan di
Puskesmas. Hasil yang diperoleh dari tahap identifikasi memengaruhi perencanaan
perubahan, kebijakan perubahan dan kebijakan perencanaan. Struktur organisasi dan tata kerja Puskesmas
yang lama sudah tidak sejalan dengan berbagai peraturan perencanaan, dan kondisi tersebut mengakibatkan dominasi perencanaan dilakukan
oleh Dinas Kesehatan.
Puskesmas tidak merasakan adanya perubahan dan memilah lokus perubahan sehingga
tidak terjadi perubahan bersama dan tujuan yang dicapai juga bukan merupakan tujuan bersama karena tidak dilakukan melalui proses kesepakatan.
KESIMPULAN
: Kesimpulan penelitian ini adalah Manajemen perubahan Dinas Kesehatan
Kabupaten Sumedang dalam
revitalisasi Puskesmas dilakukan secara pasif menurut kebijakan organisasi yang memayunginya.
2. JUDUL JURNAL : Analisis Manajemen
Perubahan (Change Management) Pada PT
Bank Danamon Tbk Manado
PENDAHULUAN
: Perubahan mempunyai manfaat bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan tanpa
adanya perubahan maka dapat dipastikan bahwa usia perusahaan tidak akan
bertahan lama. Manajemen perubahan yang dilakukan pada PT.Bank Danamon Tbk berdampak
pada kinerja perusahaan. Bank Danamon fokus memperkuat aspek franchise, layanan
nasabah, dan sumberdaya manusia (SDM) untuk mempertahankan posisi sebagai
pemain kunci di segmen perbankan komersial, usaha kecil dan menengah (UKM),
ritel, dan mass market di Indonesia. Unsur perusahaan dalam melakukan perubahan
adalah terdapatnyan visi dan misi organisasi, budaya organisasi yang memudahkan
sumber daya manusianya untuk mencapai visi dan misi, adanya kesempatan dari
sumber daya manusia untuk menggunakan fasilitas-fasilitas atau sarana prasarana
yang mendukung kerja karyawan dan adanya struktur organisasi yang membagi-bagi
pekerjaan yang sesuai dengan keahlian masing-masing, sehingga visi dari
organisasi tersebut dapat tercapai oleh karyawan dengan efektif dan efisien.
TUJUAN : Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis dan meneliti sejauhmana penerapan manajemen
perubahan dan inovasi yang dilakukan pada Bank Danamon Tbk untuk menarik minat
masyarakat.
Metode : Penelitian
ini menggunakan metode penelitian campuran. Lokasi Penelitian adalah PT.Bank
Danamon Tbk Manado. Waktu Penelitian dilakukan pada bulan april sampai bulan
oktober 2016. Populasi merupakan totalitas dari semua objek atau individu yang
memiliki karakteristik tertentu, jelas dan lengkap yang akan diteliti.Dalam
penelitian ini, populasi yang digunakan berjumlah 70 karyawan yang sudah
bekerja diatas 3 tahun di PT.Bank Danamon Tbk Manado.
HASIL : Dari
hasil rekapitulasi mengenai analisis aspek sumber daya manusia menunjukan bahwa
PT.Bank Danamon Tbk Manado sudah melakukan perubahan dengan baik, Manajemen
Sumber Daya Manusia merupakan bagian dari ilmu manajemen yang memfokuskan
perhatiannya pada pengaturan peranan sumber daya manusia dalam kegiatan suatu
organisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan
efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan
kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai tujuan ini, studi
tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan
mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara karyawan
dalam jumlah ( kuantitas ) dan tipe ( kualitas ) yang tepat. Manajemen sumber
daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk
memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk
ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi
memerlukannya
KESIMPULAN
: Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulakan hal-hal sebagai
berikut: PT. Bank Danamon, Tbk Manado
merupakan suatu badan atau lembaga keuangan yang melakukan suatu operasional
lalu lintas dalam jalur keuangan, mulai dari menghimpun dana (funding) sampai
dengan menyalurkan dana (lending) dan menawarkan produk/jasa Bank kepada
masyarakat yang memerlukan.Dan dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan
bahwa manajemen perubahan yang dilakukan oleh PT Bank Danamon Manado sudah
dilakukan secara baik.
3.
JUDUL
JURNAL : CS AS A
FOUNDATION OF MANAGEMENT – A VALUABLE
RESOURCE OR A RELIC IN
THE TIMES OF CRISIS
Following
rules of activity, resulting from ethical norms accepted in given society, may
be one
of sources of a competitive advantage. Though,
it can be presumed that not everybody is aware of the necessity as well as of advantages connected
with activity running this way. In this aspect, the aim of the article to show Polish businessmen attitude towards
challenges lowing from handling
business in accord with ethics. All theoretical issues discussed herein pertain
to the topic of business ethics.
Empirical data presented in this paper were gathered by the authors during 410 interviews about ethics that were
conducted with businessmen running small
and middle irms. The main intention was to determine if obeying ethic rules is
a real value for entrepreneurs.
From obtained results the conclusion, that Polish businessmen declare theimportance
of ethics in their activity, but in practice the bulk of them does not remember
any
rules and does not recognize ethics as a footing of business, can be draw
out.
Komentar
Posting Komentar